11 Sep 2019 09:13

Kereta Api Manado-Bitung Masuk Prioritas

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Perwujudan kereta api Manado-Bitung, bukan wacana belaka. Rencana tersebut sudah dijadikan prioritas pemerintah. Baik daerah maupun pusat.

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Utara (Sulut) Ricky Toemandoek mengatakan, rencana jalur kereta api Manado-Bitung ini telah dibahas dengan Bappenas.

“Saat ini kereta api Manado-Bitung prioritas kedua setelah Tol Manado-Bitung, dan KEK Pariwisata," ungkapnya. Jika tol dan KEK pariwisata tuntas, maka pemerintah langsung fokus pada kereta api.

“Fasilitas ini proyek pendukung industri KEK Bitung dan akses cepat menjangkau Internasional Hub Port (IHP) Bitung,” paparnya.

Dia menambahkan, proses Detail Engineering Design (DED) sudah berjalan. Trase atau jalur telah disiapkan. Mengikuti trase Tol Manado-Bitung. “Saat ini belum ada dukungan APBN. Tapi ke depan akan ada,” tegasnya.

Dia juga berharap tahun depan proses pembebasan lahan bisa dilakukan. “Tidak juga memakan lahan banyak. Hanya sekitar 10 meter lebarnya, mengikuti panjang Tol Manado-Bitung," ujarnya.

12
Kirim Komentar