11 Sep 2019 11:25

Diduga Akibat Puntung Rokok, Tiga Lahan Perkebunan Dilahap Api

MyPassion
Personel Damkar Tomohon berjibaku memadamkan api di Kelurahan Lansot, Lingkungan V, Selasa (10/9), kemarin.

MANADOPOSTONLINE.COM—Lagi kebakaran terjadi di wilayah Kota Tomohon. Dalam sehari tiga titik sekaligus api mengamuk, pada Selasa (10/9), kemarin.

Kebakaran lahan pertama tepatnya di lokasi Kelurahan Kampung Jawa lingkungan II kebun milik keluarga Samadi Tubagus. Disusul kebakaran lahan di dua titik. Kelurahan Lansot lingkungan V, kebun milik keluarga Botoring Kalumata, dan lingkungan VIII kebun milik Pauner Kalumata.

Dari pantauan Manado Post saat menerima laporan, personel damkar Kota Tomohon langsung gerak cepat. Menuju lokasi di Kelurahan Lansot. Dengan mengirim empat unit damkar.

Menurut warga sekitar, sumber api kemungkinan berasal dari puntung rokok yang dibuang para pengendara. Dikarenakan jika ulah pemilik kebun tidak mungkin.

Pasalnya tidak ada orang. Bisa juga dilihat sumber api mulainya terbakar dari samping badan jalan. Sejumlah warga bersyukur atas tindakan cepat pemadam kebakaran.

“Tinggal beberapa ratus meter sudah dekat pemukiman warga. Apalagi musim panas seperti ini ditambah angin kencang. Mungkin kalau terlambat beberapa menit saja api sudah sampai ke pemukiman warga," terangnya.

Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Tomohon Syeske Wongkar Melalui Kasi Operasi dan Pengendalian Kebakaran Kota Tomohon Hengky Sulu mengatakan, dalam sehari tiga titik api yang dipadamkan.

“Untung warga cepat melaporkan kebakaran tersebut. Kalau terlambat bisa-bisa titik api lebih meluas dan untunglah dari ketiga lokasi kebakaran lahan ini tidak ada korban jiwa dan api tidak meluas sampai ke pemukiman warga,” tandasnya.(CW-03/GEL)

Kirim Komentar