11 Sep 2019 09:15

Belum Kantongi NIP, Nasib PPPK Tahap Satu Tak Jelas

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Nasib peserta yang lolos dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sampai saat ini masih abu-abu alias tidak jelas.

Pasalnya peserta yang lolos dan ditetapkan sebagai PPPK di tahap I, sampai sekarang masih berstatus sebagai honorer biasa.

Mereka juga, belum menerima hak seperti layaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lantaran, semua peserta yang lolos sebagai PPPK tahap I belum dikantongi dengan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Saat dikonfirmasi kemarin Selasa (10/9) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran membenarkan, bahwa PPPK tahap I yang lolos, sampai saat ini belum memiliki NIP.

"Jadi sampai saat ini kami memang belum menetapkan NIP untuk PPPK. Karena memang belum ada usulan yang masuk ke kami. Sepertinya dari KemenpanRB juga belum ada arahan lebih lanjut terkait hal ini. Sehingga instansi terkait seperti pemerintah di Sulut belum bisa mengajukan NIP nya ke kami," ujarnya.

Belum ada pemerintah baik provinsi maupun 15 kabupaten/kota yang telah menetapkan kelolosan PPPK tahap I untuk mengusulkan penetapan NIP. Wakiran mengatakan, harusnya daerah sudah bisa mengusulkan NIP tersebut untuk ditetapkan.

NIP tersebut menurut Wakiran, berguna sebagai, nomor asuransi sosial. Juga NIP tersebut akan menjadi dasar penyusunan dan pemeliharaan tata usaha kepegawaian yang teratur.

"Jadi NIP ini, bisa diartikan sebagai bukti resmi pengakuan bahwa pemerintah daerah telah menetapkan seorang tersebut sebagai PNS atau pegawai setara PNS. Melalui NIP dan SK yang diberikan kepada masing-masing peserta yang dinyatakan lulus, maka dapat diketahui juga kapan yang bersangkutan bisa mulai bekerja sebagai seorang aparatur sipil negara," terangnya.

Wakiran menerangkan, nantinya yang menetapkan NIP dari PPPK didelegasikan ke kantor regional (Kanreg) BKN. Dan Kanreg akan menetapkan NIP berdasarkan usulan dari masing-masing instansi.

12
Kirim Komentar