10 Sep 2019 13:32

Aduh! 245 Guru Honorer Tak Digaji

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM----Sekira 245 guru honorer di Kabupaten Kepulauan Sitaro gigit jari. Pasalnya para pahlawan tanpa tanda jasa ini, sudah empat bulan belum menerima gaji.

Mereka mengeluhkan, sudah sejak Mei hingga Agustus belum pernah mendapatkan haknya. "Padahal gaji yang didapat itu relatif kecil hanya berkisar Rp 1,5 juta. Meski lancar, itupun nyaris tak memenuhi kebutuhan. Apalagi ini sudah macet," keluh para guru.

"Kalau untuk kontrak kerja, kita masuk dalam program Sitaro mengajar, yang hanya dikontrak setiap tiga bulan nanti diperpanjang. Namun hingga masa kerja berakhir pada Juni, gaji kita tak kunjung dapat. Ini juga status kami belum jelas, karena belum ada perpanjangan kontrak, meski kita rutin masuk mengajar," ujar mereka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Augustina Budiman saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. "Memang hingga saat ini proses pembayaran gaji, itu kita belum lakukan. Karena kami masih menunggu SK terkait kontrak Sitaro mengajar, sebab masih berada di TUP untuk ditandatangani bupati," jelas Budiman.

"Tentunya kalau sudah turun, itu akan langsung kita tindaklanjuti," ucapnya. Meski begitu ia memastikan proses pembayaran gaji para honorer Sitaro mengajar ini, akan dilakukan dalam waktu dekat, sebab seluruh administrasinya sudah lengkap.

Terpisah, Kadis Pendidikan Fatmawati Kalebos mengatakan untuk teknis pencairan gaji, dilihat dari daftar hadir perbulan. "Kalau misalkan pegang kelas, jam mengajar itu diatas 24 jam selama sebulan. Tapi kalau hanya per mata pelajaran maka selama sebulan sekitar 24 jam," tambahnya.

"Untuk saat ini anggaran Sitaro mengajar berkisar Rp 4,4 miliar, dengan alokasi Rp 367 juta perbulan, pada 245 tenaga pengajar, dengan besaran gaji Rp 1,5 juta," singkatnya. (cw-05/don)

Kirim Komentar