09 Sep 2019 09:16

Dilantik Sore Ini, 45 Legislator Langsung Digaji, Ini Besarannya

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Lembaran baru dibuka di DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). 45 anggota periode 2019-2024 dilantik sore ini. Mereka adalah representasi 2,5 juta penduduk Sulut di enam daerah pemilihan.

 

Seperti periode-periode sebelumnya dan mengikuti aturan, para wakil rakyat ini akan langsung menikmati gaji. Meski belum bekerja. Dari data yang dihimpun, besaran gaji anggota mencapai Rp 48 juta.

Angka ini akan berbeda masing-masing anggota. Karena ada tunjangan alat kelengkapan dewan (AKD). Sedangkan khusus pimpinan dewan, lebih sedikit dibanding anggota. Karena mereka tidak menerima tunjangan transportasi. Kemudian uang representasi antara anggota dan pimpinan juga berbeda.

Kepala Bagian Keuangan Setwan Sulut Dammy Tendean mengatakan, mereka mengikuti aturan. “Karena memang harus memenuhi 60 kali gaji. Kemudian anggota dewan dilantik pada 9 September. Jadi masih berhak menerima gaji,” bebernya. Sebelum digaji, lanjut Tendean, ada sejumlah dokumen yang harus dipenuhi anggota dewan. “Kalau dokumen yang diminta sudah dimasukkan, maka gaji diproses,” kuncinya.

Terkait hal ini, pengamat pemerintahan dan politik Dr Jhony Lengkong mengatakan, anggota dewan yang bakal dilantik harus menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Apalagi menurutnya, semua kebutuhan dan keperluan kerja dari setiap anggota DPRD dibiayai rakyat. Sehingga, pekerjaan memang sudah harus dimulai.

123
Kirim Komentar