07 Sep 2019 08:59

Kereta Api Manado-Bitung Kantongi Trase

MyPassion
Ricky Toemandoek

MANADOPOSTONLINE.COM—Rencana pembangunan kereta api di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bakal terwujud. Pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau terkait pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Ricky Toemandoek kemarin Kamis (6/9).

Menurutnya, jalur atau trase kereta api Manado-Bitung sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sulut dari beberapa tahun yang lalu.

“RTRW terkait kereta api sudah ada. Jadi tidak ada masalah. Untuk trase, kereta api ini bakal sesuai Tol Manado-Bitung. Ini juga tidak memakan waktu lama untuk diwujudkan. Karena lahan, tidak terlalu besar dipakai. Tidak seperti pembangunan jalan. Yang pasti, bakal terwujud," tuturnya.

Anggaran pembebasan lahan menurut Toemandoek, sebelumnya telah ada. Namun kembali ditarik pusat. Namun pihaknya bakal memperjuangkan agar anggaran pembebasan lahan bisa diberikan pada perubahan atau awal tahun nanti.

Menurutnya, pembangunan tersebut bakal menggunakan semua anggaran dari pusat. Lobi pak gubernur juga telah bisa meyakinkan pusat untuk memberikan kesempatan Sulut melakukan pembangunan kereta api Manado-Bitung.

"Kita sementara perjuangkan agar dalam APBN perubahan atau anggaran induk 2020 nanti, anggaran pembebasan lahan sudah bisa diberikan. Karena pak Gubernur Olly Dondokambey sudah lobi terkait pembangunan ini. Dan mendapat dukungan penuh. Jadi kita pastikan, bisa terwujud. Yang pasti pembangunan kereta api ini, bakal sepenuhnya menggunakan APBN. Kita berharap, tahun ini sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.(ewa/gel)

Kirim Komentar