06 Sep 2019 09:18

Waspada! Mapanget-Wanea Rawan Kebakaran

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Musim kemarau panjang membuat beberapa wilayah di Kota Manado rawan kebakaran. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemadam Kebakaran, Dinas Damkar Manado Herry Contra ada sejumlah kecamatan yang masuk daerah rawan.

 

Pasalanya, sepanjang Januari sampai awal September, wilayah tersebut sering terjadi kebakaran. “Yaitu Mapanget, Wanea, dan Malalayang. Sementara paling banyak kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Mapanget,” ujarnya.

Menurut dia, kemungkinan karena wilayah Mapanget masih banyak lahan perkebunan. Sehingga masyarakat diduga membuka lahan dengan cara membakar ilalang. “Sebab di Kecamatan Mapanget sering terjadi kebakaran di tempat yang sama dan terjadi berulang-ulang,” sebutnya.

Dia mengimbau masyarakat ketika terjadi kebakaran sekecil apapun segera menghubungi Damkar Manado melalui cal center 112. Karena petugas Damkar stan by 1x24 jam.

“Kami memiliki pos pembantu di wilayah Malalayang, Wanea, Tuminting, Mapanget dan Paal Dua yang siap melayani, jika mendapatkan informasi kebakaran,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Damkar Kota Manado M Sofyan mengimbau masyarakat  tidak membakar sampah sembarangan. Karena cuaca panas disertai angin akan membuat benda kering menjadi muda kebakaran.

“Baru-baru ini ada pria paru baya di Kelurahan Ronomuut membakar sampah tidak dijaga. Akhirnya api ditiup angin dan merembet ranting dan daun kering sehingga sampai membakar rumah,” ujarnya. (ite/gel)

Kirim Komentar