02 Sep 2019 08:40

Paus Fransiskus Tunjuk Uskup Indonesia Jadi Kardinal

MyPassion
MGR Ignatius Suharyo saat kegiatan Indonesia Youth Day foto bersama owner Hotel Quality Manado William Wibisono. (Dok. Pribadi)

PAUS Fransiskus menunjuk Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai kardinal. Ignatius jadi satu dari 13 kardinal baru yang diumumkan Paus Fransiskus hari ini.

“Pada Minggu, 1 September 2019, pukul 12.00, Paus Fransiskus mengumumkan 13 Kardinal baru di Vatikan. Salah satu Kardinal yang diumumkan oleh Paus Fransiskus ialah Mgr Ignatius Suharyo," kata Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Romo Adi Prasojo dalam keterangannya, Minggu (1/9).

Diketahui, Ignatius juga menjabat sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Selain itu, dia juga Uskup bagi TNI/Polri. KAJ bersyukur atas ditunjuknya Ignatius sebagai kardinal. Pelantikan Ignatius sebagai kardinal akan dilakukan dalam Consistorium (Sidang Para Kardinal) pada Sabtu (5/10) nanti di Vatikan.

“Puji Syukur kepada Tuhan atas kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia atas pengangkatan Mgr Ignatius Suharyo menjadi Kardinal," ujar Adi.

Sementara itu, Humas KAJ, Susyana Suwadie mengatakan Romo Ignatius akan tetap berkantor di Jakarta setelah dilantik di Vatikan. "Tetap (berkantor) di Jakarta. Di Vatikan hanya pelantikan," tutur Susyana.

Sebagai informasi, kardinal merupakan jabatan senior dalam Gereja Katolik Roma. Jabatan kardinal ada di bawah Paus. Kardinal bertugas menghadiri rapat dalam dewan suci dan siap sedia hadir ketika Sri Paus membutuhkan nasihat.

Seperti apa profil Mgr Ignatius Suharyo? Dilansir dari kompas.com, Mgr Suharyo lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta, pada 9 Juli 1950. Putra pasangan Florentinus Amir Hardjodisastra dan Theodora Murni Hardjodisastra ini awalnya tidak berkeinginan menjadi pastor.

Sementara, sang kakak, almarhum RP Suitbertus Ari Sunardi OCSO, masuk seminari hingga akhirnya menjadi pastor pertapa di Pertapaan Trappist Rawaseneng, Jawa Tengah. Ignatius Suharyo sempat bersikukuh tidak mau menjadi pastor.

12
Kirim Komentar