31 Agu 2019 07:34

Sulut Dilirik Produser Film China

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Sektor pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) kian menjanjikan. Provinsi dengan sebutan bumi Nyiur Melambai ini, mulai dilirik produser film luar negeri. Untuk dijadikan lokasi syuting.

 

Setelah pada beberapa lalu, para artis Korea Selatan syuting di Pulau Mahoro, kini sutradara asal China siap membuat reality show di sini. Judulnya ‘Love In The Island 2’. Rencananya ini akan ditayangkan di Republik Rakyat China. Dikawal langsung MM Group.

Dalam project itu pun MM Group menggandeng Starbright Group, Lion Group, dan PADI Group. Juga diprakarsai langsung oleh CEO MM Group, Chandra. “Tujuannya untuk terus mempromosikan potensi pariwisata serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Sulut. Khususnya Wisman dari China,” singkat Direktur MM Travel Budiharto.

Promosi wisata melalui film dinilai memang cukup ampuh. Contohnya Thailand. Beberapa tempat wisatanya mampu dikenal dunia melalui film.

Antara lain Maya Bay, yang pernah menjadi tempat syuting artis Leonardo Dicaprio dalam film The Beach. Ada juga Khao Phing Kan Phuket, yang menjadi lokasi syuting film James Bond.

Selanjutnya di Muang Boran, Samut Prakan jadi lokasi syuting The Hangover Part II. Serta Emporium Suites Hotel, Bangkok, yang menjadi tempat syuting film Only God Forgives yang dibintangi Ryan Gosling. 

Bagaimana dengan promosi wisata Sulut? Pengamat pariwisata Sulut Prof Dr Winda Mingkid menilai promosi kesenian ke luar negeri bisa maksimal jika dikelola dengan benar.

“Karena terkadang kurang tepat. Baik negara tujuan promosi maupun personal yang melakukan promosi serta kapasitas orang yang melakukan promosi,” bebernya. Dia mengatakan, dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang super canggih dan modern saat ini, maka promosi dapat dilakukan secara digital.

Karena lebih murah dan cepat. “Namun demikian, sentuhan seni secara langsung dari pelaku seni masih diperlukan, misalnya untuk penari dan penyanyi serta pemain musik tradisional,” terangnya.(ayu/gel)

Kirim Komentar