23 Agu 2019 11:09

Kejari Seriusi Kasus Penyelewengan Dandes

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—  Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangihe memastikan akan mengusut tuntas kasus dugaan penyelewengan Dana Desa (Dandes) yang terjadi pada tahun 2018, di Desa Binibes Kecamatan Tabukan.

 

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe Erwan Budi Herianto SH, mengatakan, kasus tersebut sementara didalami. “ Itu dalam tahap penyelesaian. Saat ini kami fokus menyelesaikan kasus yang sudah lama antri. Termasuk soal Dandes,” sebutnya.

Dia pun membeber, selain Dandes di Desa Binibes, ada juga kasus serupa yang melibatkan Desa Nahepese. “ Untuk kasus ini, kami sudah  serahkan ke tim Pidana Khusus (Pidsus). Sementara  masih penyelidikan Pidsus. Setelah itu nantinya kita akan melakukan ekspos  bersama Inspektorat, seperti apa hasilnya itu kita lakukan penanganan lebih  lanjut. Yang pasti sampai saat ini banyak laporan mengenai Dandes yang masuk,” bebernya.  

Dia menekankan, soal laporan Dandes Desa Binebas  akan ditindaklanjuti pada Oktober nanti.” Pastinya akan ditangani, hanya saja untuk personil kita ini masih minim,  untuk menangani kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) personil. Jadi butuh waktu. Yang pasti semua laporan yang masuk akan di usut sampai tuntas,” janjinya, sembari mengimbau pada semua Pemerintah Desa (Pemdes) untuk berhati-hati dalam menggunakan Dandes.

Mengingat sudah banyak laporan yang masuk. “ Ini menjadi warning bagi semua Kapitaluw agar menggunakan Dandes dengan bijaksana,” tandasnya. (wan/wan).  

Kirim Komentar