22 Agu 2019 14:11

Serapan Anggaran Disdagkop UMKM Boltim Jongkok

MyPassion
Ramlah Mokodompis

MANADOPOSTONLINE.COM—Hingga memasuki semester kedua tahun anggaran 2019, posisi realisasi serapan anggaran Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Boltim sangat rendah atau jongkok. Hal ini diakui oleh Sekretaris Disdagkop UMKM Boltim Mat Sunardi S.PKP, Rabu (21/8) kemarin.

“Posisi serapan anggaran hingga akhir semester 1 baru mencapai 8,78 persen, dari total pagu belanja langsung senilai Rp 7.264.810.950,” ungkap Sunardi.

Menurut dia, rendahnya serapan anggaran dikarenakan hampir semua program kegiatan disetiap bidang, baru dijalankan pada semester kedua. Beberapa kegiatan fisik seperti program perlindungan konsumen, program pengembangan infrastruktur pedesaan serta program pembinaan kemampuan teknologi industri, mulai dilakukan oleh pihak pelaksana kegiatan pada awal Juli.

“Program kegiatan sudah running Juli. Tahapan pencairan dana 30 persen untuk kegiatan fisik sudah jalan dan tengah dalam proses pelaksanaan,” katanya.

Terpisah, Kepala Disdagkop dan UMKM Boltim Ramlah Mokodompis SP menjelaskan, faktor rendahnya serapan anggaran disebabkan adanya perubahan pada sistem Unit Layanan Pengadaan (ULP), yang mengharuskan setiap kegiatan fisik yang diajukan dalam proses tender, harus menganggarkan kembali biaya keselamatan kerja.

“Dokumen kegiatan sudah diserahkan sejak bulan Februari 2019, namun ada perubahan sistem di ULP. Pada penyusunan RAB, mengharuskan anggaran keselamatan kerja dan kita lakukan perubahan lagi. Perihal itu yang menyebabkan serapan anggaran masih rendah,” ungkap Ramlah.

Selain itu, Ramlah juga mengemukakan, mulai tahun ini setiap kepala satuan kerja diharuskan menjadi PPK pada setiap kegiatan fisik. “Kita susun lagi perencanaannya dari awal, sebab sekarang kepala satuan kerja harus merangkap PPK. Proses lelang kegiatan sekarang sangat rumit dan butuh waktu panjang untuk menyesuaikan lagi perencanaan tersebut,” terangnya.

Diketahui, total pengalokasian anggaran berdasarkan pagu belanja kegiatan Disdagkop dan UMKM Boltim pada Tahun Anggaran 2019, berjumlah Rp 7.264.810.950. Anggaran tersebut bersumber dari DAK senilai Rp 3.982.563.000 dan DAU sebesar Rp 3.282.247.950.(ctr-05/ite)

Kirim Komentar