22 Agu 2019 09:59
Surati KASN, Pejabat BUP Segera Diganti

OD: Akan Ada Lagi Rolling

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM- Beberapa pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) tak lama lagi akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). Sesuai aturan, pejabat eselon II struktural BUP di 60 tahun. Sedangkan untuk pejabat fungsional BUP di 58 tahun.

 

Disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) bahwa pejabat yang akan segera pensiun bakal diganti. "Untuk pejabat yang sebentar lagi masuk BUP, sudah akan kita isi dengan pejabat baru. Otomatis akan ada lagi rolling. Karena memang banyak yang sudah akan pensiun. Sesuai ketentuan, memang harus diisi. Tidak boleh kosong. Kita sudah mulai persiapkan pengisian tersebut. Nanti akan dites, harus melalui job fit," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membuat rolling untuk pejabat eselon II.

"Jadi untuk jabatan yang lowong, atau masih diisi pelaksanaan tugas (plt) akan kita lakukan seleksi terbuka. Sedangkan untuk eselon II dalam jabatan sejajar, maka akan kita lakukan job fit. Siapa yang layak, dan sesuai kemampuan maka kita tepatkan sesuai hasil mereka nantinya," ujarnya.

Sekarang, menurut Silangen, pihaknya sudah menyurati Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta izin pelaksanaan rolling.

"Kita sudah mengirimkan surat ke KASN untuk meminta izin pelaksanaan rolling. Dan yang akan kita lakukan ini, adalah terbuka. Siapapun boleh ikut. Mau pejabat eselon III atau dari kabupaten/kota, silahkan ikut. Kalau mereka sesuai, mereka yang kita pakai sesuai kompetensi dan kualitas pejabat tersebut," ucapnya.

Sedangkan pejabat yang masuk BUP, menurut Silangen, semua ketentuan ada di pimpinan. "Untuk yang struktural dan fungsional, semua ketentuan ada pada gubernur dan wakil gubernur. Pimpinan yang memiliki hak untuk memperpanjang masa tugas, ataupun menyudahi. Jadi nanti lihat bagaimana penilaian pimpinan. Karena semua kinerja dari penyelenggara  pemerintahan itu dinilai pimpinan," kuncinya. (ewa/can)

Kirim Komentar