22 Agu 2019 14:13

Minut Koleksi 94 Kasus Lakalantas

MyPassion
Ilustrasi.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kesadaran masyarakat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam berkendara masih sangat minim. Pasalnya data yang diperoleh dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Minut sebanyak 14 orang yang meninggal sia-sia di jalanan.

Kanit Laka Polres Minut IPDA Irwan Tarigan SH mengatakan, data kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Minut ada 94 kasus. 14 diantaranya meninggal dunia, 16 mengalami luka berat dan luka ringan sebanyak 116, dengan jumlah kerugian sebesar 521 juta rupiah. “Jika melihat trennya penyebab kecelakaan di Kabupaten Minut karena pengendara dalam pengaruh alkohol atau mabuk,” bebernya.

Lanjutnya, mengonsumsi minuman keras (miras) sangat tidak baik jika berlebihan, karena dapat mengakibatkan hal-hal yang dapat berakibat buruk. “Membawa kendaraan dalam pengaruh mabuk akan berbahanya dan berakibat fatal. Seperti kehilangan nyawa, baik bagi diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya.

Salah satu pula yang perlu diperhatiakan katanya, banyak anak muda yang menjadi korban kecelakaan. “Peran orang tua sebetulnya perlu diperhatikan, agar anak-anak yang belum layak membawa kendaraan atau belum cukup umur dapat menahan diri. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, AKBP Jefri Siagian menambahkan, di Minut banyak jalan lurus apalagi dari arah Manado. “Kita harus menyayangi diri kita sendiri. Tentu tidak boleh berkendara jika dalam keadaan pengaruh miras berlebihan. Karena akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Serta jika berkendara harus dilengkapi perlengkapan sesuai standar. Seperti helm,” singkatnya.(cw-04/gel)

Kirim Komentar