22 Agu 2019 10:26

Enam Srikandi Banteng Perkuat Gedung Cengkih

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—9 September nanti 45 legislator DPRD Sulut dilantik. 18 di antaranya adalah kader PDI Perjuangan (PDIP). Yang cukup membanggakan, dari jumlah tersebut, 33 persen di antaranya datang dari kaum perempuan.

 

Enam srikandi banteng ini siap tampil berani memperjuangkan aspirasi rakyat di Gedung Cengkih (sebutan untuk DPRD provinsi, red). Mereka datang dari tiga daerah pemilihan (dapil).

Minahasa-Tomohon tiga orang, Minsel-Mitra mengutus dua kader, dan satu srikandi berhasil lolos dari dapil Bolmong Raya. Semua pun punya kemampuan mumpuni.

Seperti Vonny Paat. Kader senior PDIP ini sudah sangat terkenal sepak terjangnya di dapil Minahasa-Tomohon. Dia pernah menjabat Ketua DPRD Tomohon. Kemudian pada periode 2014-2019 dipilih masyarakat ke DPRD provinsi. 2015 dia mengundurkan diri karena ditugaskan partai mencalonkan diri di pilwako Tomohon. Kini Paat kembali.

“Sesuai instruksi partai, kita harus bisa membawa aspirasi rakyat di DPRD. Kita jadi pelayan rakyat saat duduk sebagai anggota dewan,” kata Paat. Dua rekan Paat dari Minahasa-Tomohon, Melisa Gerungan dan Imelda Rewah memang terbilang orang baru.

Namun keduanya sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Gerungan aktif di berbagai organisasi sementara Rewah pernah menjadi anggota DPRD Minahasa. Dari Partai Golkar.

Selanjutnya dua srikandi datang dari Minsel-Mitra adalah Sandra Rondonuwu dan Djein Rende. Rondonuwu merupakan kader banteng sedari lama. Dirinya sempat beberapa kali mencalonkan diri. Hanya saja kalah. Tapi di pileg 2019 baru lewat, Rondonuwu membuktikan diri. Bahkan dia meraih lebih dari 20 ribu suara.

Kemudian Rende. Ketua TP PKK Mitra ini memang baru di politik. Tapi istri kader PDIP James Sumendap itu, tak diragukan kemampuannya. Dia bahkan diberi kesempatan memegang organisasi.

“Semua yang diusung PDIP dalam pileg punya kemampuan. Para srikandi yang terpilih dan duduk di DPRD provinsi periode 2019-2024 diyakini mampu tampil memperjuangkan kepentingan masyarakat yang diwakilinya,” tandas Sekretaris PDIP Sulut Franky Wongkar.(gel)

Kirim Komentar