21 Agu 2019 13:20
Wanti Pejabat ‘TBC’

JS Uji Kompotensi Pejabat Operasikan Komputer

MyPassion
Bupati James Sumendap saat memberikan tes bagi para calon pejabat yang akan dilantik terkait kompetensi penggunaan Komputer.(Hesly/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Terkait pejabat yang diwajibkan tau mengoperasikan komputer ternyata tak hanya imbauan semata. Buktinya, Bupati Mitra James Sumendap secara tiba-tiba menyempatkan diri melakukan tes pengoperasian microsoft word, excel dan power point kepada seluruh pejabat eselon II dan III yang bakal dilantik. Kejadian unik ini terjadi sesesaat sebelum pelantikan pejabat di Sport Hall Pemkab Mitra, Selasa (20/8) siang kemarin. 

Menurut Bupati JS, ini dimaksudkan agar para pejabat tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman. Mengingat ini sangat berhubungan dengan kerja para pejabat kesehariaannya. "Ini awal revolusi dan evolusi di Mitra untuk menjawab tema saat ini. Yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Jadi Mitra juga harus maju. Shinggga kabupaten Mitra menjadi Hebat," tandasnya.

Selain itu, JS turut memberikan tes bagi para calon pejabat yang akan dilantik terkait kompetensi penggunaan komputer. Bahkan dirinya juga mengecek langsung hasil tes yang ada. Khusus untuk aplikasi microsoft word, para calon pejabat diminta menyusun sebuah surat yang nantinya ditujukan kepada bupati terkait bidang masing-masing. Baik itu masukkan atau hal-hal yang perlu diketahui bupati. "Tidak boleh berharap, harus bisa mandiri. Ini era digitalisasi. Bagaimana anda sebagai atasan tidak bisa memberikan contoh untuk yang bawahan," tegasnya.

Adapun, tes sederhana dalam penggunaan aplikasi excel dan power point turut diberikan JS. Meski begitu dalam tes yang berlangsung sekira 30 menit tersebut, JS cukup puas akan hasil tes yang sudah cukup baik. Kendati demikian, dirinya tetap berharap agar kedepan para pejabat dapat lebih meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan komputer. "Ini sangat diharapkan. Jangan sampai ada pejabat yang TBC (tidak bisa komputer, red)," pungkasnya.(ely/ewa)

Kirim Komentar