20 Agu 2019 14:01
Masuk Kawasan Cagar Alam, Terancam 15 Tahun Penjara

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Pembakar Hutan di Bitung

MyPassion
Personil polisi ikut upaya pemadaman di wilayah Batuputih, Rabu (14/8).(Dok Polisi)

MANADOPOSTONLINE.COM—Polres Bitung langsung gerak cepat terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Hutan Cagar Alam Duasudara, Kelurahan Batuputih Bawah, Kecamatan Ranowulu, waktu lalu.

 

Satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka penyebab karhutla tersebut, yaitu FHK alias Edi (46), warga Perum Mandiri, Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu.

Modus yang digunakan tersangka dengan membakar ranting dan rumput kering di kawasan hutan cagar alam. Kemudian tanpa diduga api menyebar dan menyebabkan kebakaran hutan lebih luas. Diperkirakan luas hutan yang terbakar 0,16 Ha.

Kronologi kejadian, yaitu pada 14 Agustus lalu, sekira pukul 10.00 pelapor Jenly Gawina bersama stackholder (Polri, TNI, Manggala Agni dan Polisi Kehutanan) selesai memadamkan api di kawasan hutan lindung. Saat itu pelapor dan sejumlah saksi hendak kembali ke kantor.

Namun di jalan mereka melihat api di dalam Kawasan Cagar Alam Duasudara. Mereka akhirnya tidak jadi ke kantor dan langsung menuju lokasi untuk memadaman api. Ternyata lokasi hutan cagar alam itu diolah tersangka menjadi perkebunan.

12
Kirim Komentar