19 Agu 2019 19:36

Siswa SMA 9 Binsus Manado Taklukkan Puncak Piramida Carstensz

MyPassion

MANADO - Seorang siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) 9 Binsus Manado menjadi pendaki termuda yang menaklukkan puncak Piramida Carstensz Jayawijaya di hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74.

Kepala SMA 9 Binsus Manado Drs Meidy Tungkagi MSi mengatakan di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 siswa kami Carstensz Rex Engka berhasil mendaki puncak Piramida Carstensz. Siswa ini lanjutnya, menjadi pendaki termudah pertama di Sulawesi Utara (Sulut) dan ketiga termudah di Indonesia yang menaklukkan puncak tersebut.

MyPassion

"Hal ini menjadi kebanggaan kami baik sebagai kepala sekolah dan guru serta staff bahkan murid di SMA 9 Binsus Manado. Jadi sungguh luar biasa murid kami ini tidak semua orang bisa menaklukkannya hanya orang yang mempunyai fisik kuat yang bisa menaklukkan puncak Piramida Carstensz," ujarnya.

"Karena puncak Piramida Carstensz Jayawijaya ini adalah gunung tertinggi yang memiliki salju maka sangat jarang bagi orang umuran 16 tahun seperti Engka murid kami yang bisa kesana (Piramid Carstensz)," tambahnya dengan penuh kebanggaan.

Sementara itu Carstensz Rex Engka mengatakan dirinya sempat mimisan ketika sampai di Puncak Piramida Carstensz
karena ini kali pertama mendaki diketinggian 4.884 meter dari permukaan laut dan suhu -9 celcius. "Sebelumnya saya sudah pernah mendaki gunung Soputan, Mahawu, Lokon dan Klabat sejak menginjaki sekolah dasar," ujarnya. "Pendakian kali ini berbeda dengan sebelumnya, medan yang dihadapi lebih ekstrim dan cara mendakinya memakai pengaman," katanya. "Juga menjadi kembagaan karena bisa menaklukan puncak ini di hari Kemerdekaan Indonesia," kuncinya. (lin)

Kirim Komentar