19 Agu 2019 09:35
Tak Akui NKRI, 1 Orang tak Dapat Remisi

Hukuman Napi Terorisme Dipangkas 3 Bulan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COMAda 225 narapidana yang mendapat remisi di Lapas Kelas II B Papakelan, Minahasa. Dari jumlah tersebut ada 4 orang yang mendapat remisi langsung bebas.

 

Sementara itu, ada satu narapidana terorisme (napiter) yang ikut mendapat potongan hukuman. Dirinya mendapat pengurangan masa hukuman 3 bulan.

“Ya ada satu napiter yang dapat remisi pengurangan masa hukuman selama 3 bulan,” ungkap Kepala Lapas Papakelan Tondano Teguh Imanto, Sabtu (17/8).

Sedangkan satu napiter lainnya yang ada di Papakelan, dikatakan Imanto tak mendapat remisi. Karena dirinya masih belum mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan kata Imanto, dalam proses pembinaan, napiter ini tidak kooperatif hingga masih di sekuriti maksimal.

“Ada beberapa hal yang membuat sejumlah warga binaan itu mendapat remisi. Karena saat ini berkaitan dengan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Sehingga ketika selama menjalani hukuman dinilai tidak bermasalah dan berperilaku baik, maka pihaknya mengajukan untuk dapat remisi," jelasnya.

Diketahui, peringatan HUT Kemerdekaan selalu dinantikan penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan. Karena narapidana (napi) yang dinilai berkelakuan baik akan mendapat ‘kado’ HUT Kemerdekaan berupa remisi atau pengurangan masa tahanan. Seperti yang dialami 499 napi di Lapas Kelas IIA Manado.

Kepala Lapas Manado Sulistiyo Wibowo mengatakan, pemberian remisi adalah bentuk apresiasi terhadap kerja keras napi yang terus berusaha memperbaiki diri.

"Bahwasanya remisi yang diterima oleh napi berbeda-beda. Berkisar satu sampai enam bulan. Hal tersebut diatur langsung oleh Menteri Hukum dan HAM," jelas.

Sulistiyo juga menambahkan, untuk 17 napi yang bebas nanti aka diantar langsung petugas. “Mereka akan kembali ke rumah masing-masing dengan masa percobaan enam bulan. Mereka akan diantar langsung menggunakan mobil yang disediakan oleh pemerintah provinsi,” tutupnya.(ctr-02/cw-02/gnr)

Kirim Komentar