17 Agu 2019 12:04
Atasi Gagal Panen Petani

Identifikasi Daerah Dampak Kemarau

MyPassion
Wangke Karundeng

MANADOPOSTONLINE.COM—Datangnya musim kemarau, membuat sejumlah wilayah di daerah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mulai kering. Membuat petani gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Minut Ir Wangke Karundeng langsung menurunkan tim. Untuk mengidentifikasi daerah mana saja yang terdampak musim kemarau. "Tim sudah turun melakukan identifikasi daerah-daerah yang terdampak musim panas dan tidak bisa diselamatkan. Namun sampai saat ini belum ada laporan," ujar Karundeng, Jumat (14/8).

Dalam pendataan lapangan ini, kata Karundeng, jika masih ada daerah yang memiliki sumber air, maka Distan melakukan sistem pompanisasi. Ini bertujuan menjaga kelangsungan tanaman milik petani. "Daerah yang masih bisa diselamatkan atau tersedia air, maka akan kami lakukan pompanisasi. Kami juga akan membuat kegiatan yang bisa membantu petani untuk bertahan menghadapi musim kemarau," ungkapnya..

Karundeng mengharapkan petani bisa mengubah pola tanam dengan menanam tanaman yang tahan di musim kemarau. "Tanaman yang tahan panas seperti ubi kayu sangat cocok untuk musim panas," pungkasnya.(cw-04/gel)

Kirim Komentar