17 Agu 2019 12:16
Total TGR Sentuh 31 Miliar

200 Juta Uang Negara Dikembalikan

MyPassion
Ilustrasi.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Langkah tegas yang diambil Inspektorat Kabupaten Mitra terkait pemotongan tunjangan kinerja daerah (TKD) bagi pegawai begeri sipil (PNS) yang masih terlilit temuan ganti rugi (TGR), mulai berdampak positif. Buktinya, semenjak penerapan tersebut diberlakukan beberapa pekan lalu, total 200 Juta uang negara sudah mulai dikembalikan. 

Kepala Inspektorat Kabupaten Mitra David Lalandos menyebut pengambalian TGR sebesar 200 juta ini, keseluruhannya berasal dari tindaklanjut PNS aktif. Dengan pengembalian dilakukan secara beragam. "Sudah banyak PNS yang mulai menindaklanjuti. Baik dilakukan pembayaran secara menyicil ataupun ada yang sudah langsung melakukan pelunasan," sebutnya kemarin. 

Meski begitu, dia memastikan tindaklanjut ini bakal terus digenjot. Lantaran total keseluruhan TGR masih mencapai kisaran 31 Miliar lebih. "Tetap kami bakal terus mengejar pengembalian TGR ini. Karena hasil tindaklanjut tersebut bakal dievaluasi pihak BPK Desember nanti," terang Lalandos sambil optimis tindaklanjut pengembalian TGR tahun ini bisa mencapai lebih dari 60 persen. 

Untuk itu, menurut Lalandos, pihak ketiga juga tak luput dari pengejaran pengembalian TGR. Sehingga pihaknya sudah mengantongi para pihak ketiga yang masih memiliki kewajiban pengembalian TGR. "Mereka (pihak ketiga, red) sudah kami data siapa saja yang masih mempunyai TGR. Selanjutnya kami akan ambil langkah dengan menyurat langsung," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy mendukung penuh langkah yang diambil Inspektorat ini. Karena menurutnya ini merupakan langkah tepat. Apalagi memang untuk kesadaran pengembalian TGR masih sangat minim. "Membengkaknya jumlah TGR ini, disebabkan paling banyak temuan sejak 2008 sampai 2012. Sehingga harus diambil langkah seperti ini. Karena namanya uang negara harus dan wajib dikembalikan," singkatnya.(ely/ewa)

Kirim Komentar