16 Agu 2019 13:18

Puluhan Ribu Orang Minahasa Idap Tekanan Darah Tinggi

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COMWarga di Kabupaten Minahasa memiliki catatan pengidap 10 penyakit paling dominan. Di antaranya tekanan darah tinggi, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), hingga diabetes (lihat grafis). Jika disepelekan ini sangat berbahaya.

 

Masyarakat pun diminta gencar melakukan pencegahan serta menerapkan pola hidup sehat. “Sampai saat ini ada 10 penyakit yang mendominasi di Minahasa,” kata dr Maya Rambitan, Sekretaris Dinas Kesehatan Minahasa, Kamis (15/8). Lanjutnya, untuk mencegah penyakit tersebut, ia menyarankan agar melakukan pola hidup sehat.

“Kami berharap masyarakat Minahasa agar dapat melakukan pola hidup sehat, itu sudah diterapkan di setiap puskesmas yang ada di kecamatan juga,” ungkap dr Maya.

“Karena puskesmas itu melakukan pencegahan penyakit dan pencegahan kesehatan, serta di puskesmas ada dana Bantuan Operasional Kesehatan. Dana BOK itulah yang dipakai untuk program-program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit berbahaya,” sebut dia.

Menurutnya, kebanyakan penyakit ini datang dari pola hidup yang tidak sehat. Seperti budaya masyarakat Minahasa yang sering memakan daging, menjadi penyebab utama penyakit darah tinggi.

"Sebaiknya masyarakat sesering mungkin melakukan konsultasi dengan dokter terdekat atau datang ke puskesmas. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kesehatan dapat terkontrol dengan baik," sarannya.

Ditambahkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Minahasa dr Maximillian Umboh, penanganan sangatlah ampuh jika masyarakat memulai pola hidup sehat mulai saat ini.

"Cara paling ampuh datang dari kita sendiri. Seperti mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan," saran dr Umboh.

Dirinya mengimbau bila sudah merasa sakit masyarakat langsung datang melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat. Diungkapkannya, ada instruksi Presiden Nomor 1/2017 tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Masyarakat dianjurkan banyak makan ikan dan sayur. Kemudian beraktivitas fisik, yaitu olahraga yang minimalnya 30 menit setiap hari, hingga pemeriksaan kesehatan rutin secara berkala,” pungkasnya.(cw-04/gel)

Kirim Komentar