15 Agu 2019 09:22

Polemik Talaud, Ini Penegasan Gubernur OD

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM—Polemik perihal pelantikan bupati terpilih di Kabupaten Talaud sampai saat ini masih jadi perbincangan hangat. Belum lama ini juga, masyarakat di kabupaten tersebut menggelar aksi demo yang diwarnai pembakaran ban.

 

Ditegaskan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD), tak ada upaya penghalangan dari gubernur terkait terbitnya SK untuk kepala daerah Talaud. Akan tetapi, menurut OD, ada yang saat ini dipertanyakan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan saat ini sudah juga mengirimkan surat ke Mahkamah Agung (MA), tentang dua periode masa tugas Elly Lasut.

"Jadi intinya di situ. Kalau mereka (MA, Red) menjawab bahwa dua periode itu tidak benar dan diabaikan. Maka kita langsung lantik. Itu saja. Kalau SK sudah sampai ke berbagai pihak, di zaman sekarang itu sudah hal yang biasa. Saya itu taat akan hukum, tidak takut dengan demo-demo. Kalau mereka bisa demo, kita juga bisa demo," tegasnya saat diwawancarai koran ini, Rabu (14/8) kemarin.

Sementara itu, pengamat pemerintah Dr Welly Waworundeng mengatakan, proses pergantian atau pelantikan pasangan kepala daerah sebagai bupati dan wakil bupati tidak terlaksana apabila belum memenuhi syarat atau memiliki masalah.

Namun menurutnya, selama proses pemilihannya sampai penetapan calon pasangan kepala daerah sudah terlaksana sesuai aturan maka pasti pergantian dan pelantikannya akan terlaksana sesuai batas waktu yang ada.

"Pemerintah pusat yang memiliki kewenangan. Jadi mereka akan bekerja sesuai aturan yang ada. Masalah atau konflik bisa terjadi apabila pelantikan yang seharusnya dilaksanakan karena sudah sesuai aturan tidak dilaksanakan. Jadi selama proses pemilihannya sampai penetapan calon pasangan kepala daerah sudah terlaksana sesuai aturan maka pasti pergantian dan pelantikannya akan terlaksana sesuai batas waktu yang ada," tandasnya. (ewa/can)

Kirim Komentar