15 Agu 2019 09:58

Pilhut 99 Desa di Minahasa Tunda 2020

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Desas-desus kapan pemilihan hukum tua (Pilhut) serentak di Kabupaten Minahasa terjawab. Informasi didapati harian ini, pesta demokrasi tingkat desa itu bakal dihelat tahun 2020.

 

Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Denny Mangala SH MSi kepada Manado Post, Rabu (14/8) kemarin.

“Sebanyak 99 desa dari 227 desa yang tersebar di Kabupaten Minahasa, akan melaksanakan Pilhut gelombang terakhir di tahun 2020 mendatang,” sebut dia.

Jika sebelumnya telah ada edaran yang mengharuskan Pilhut digelar tahun ini, kata Mangala kini edaran tersebut diralat. Alasannya karena tahun ini ada keterbatasan anggaran dan berbenturan dengan perayaan Hari Natal.

“Kita sudah mengkaji, dan memang Pilhut tidak bisa kita laksanakan tahun ini. Bukan hanya memakan anggaran yang besar, tetapi juga pelaksanaannya akan berbenturan dengan perayaan Hari Natal,” sebut dia.

Untuk itu dirinya berharap, masyarakat dapat memahami keputusan pemerintah. "Kami sangat berharap keputusani ini tidak akan menjadi polemik di masyarakat. Kita sudah kaji dengan semua pihak, pelaksanaannya paling tepat dilaksanakan awal tahun depan," katanya.

Hal itu ikut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Djeffry Sajow. "Anggaran tiap desa untuk pelaksanaan Pilhut kurang lebih 27 juta rupiah. Dan jika dihitung ini mencapai 2 miliar lebih. Untuk itu, tahun ini belum bisa. Dan nanti diselenggarakan awal 2020 mendatang,” tutup Sajow.(cw-02/gnr)

Kirim Komentar