15 Agu 2019 09:56

Dampak Kemarau, Warga Upai Alami Krisis Air Bersih

MyPassion
Warga Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara kesulitan mendapatkan air bersih. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Musim kemarau membuat warga Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara kesulitan mendapatkan air bersih.  Warga Kelurahan Upai Yamin Paputungan mengatakan, warga Kotamobagu Utara mengalami kesulitan air bersih akibat sumur yang selama ini menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan sudah kering.

Menurut dia, untuk mendapatkan air warga terpaksa harus membeli air bersih setiap hari. "Penampungan air bersih di Keluruhan Upai sampai saat ini belum juga bisa digunakan, terpaksa warga yang membawa gallon mengambil air bersih sejauh 5 kilometer dari pemukiman warga untuk memenuhi kebutuhan setiap hari,” bebernya. Dia berharap pemerintah segera membantu mengatasi kebutuhan air bersih warga.

Terpisah, Sekretaris Dinas PUPR Kotamobagu Sopian Hatam ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk mengantisipasi musim kemarau tahun ini, Dinas PUPR melakukan pengadaan pompa pengisap air dari penampung air yang ada dijalan eleba.

"Kita sudah menyiapkan pengadaan alat pemompa penghisap air, yang nantinya akan disalurkan dipenampungan air yang ada diperbatasan Desa Sia dan Keluahan Upai yang selama ini belum difungsikan," tandansya. (cw-01/ite)

Kirim Komentar