15 Agu 2019 09:49

Balai KIR Minsel Ditutup

MyPassion
Beberapa alat pengujian kendaraan bermotor di Balai KIR Minsel tidak berfungsi. Hal itu membuat balai ditutup untuk diperbaiki dan setelahnya bisa terakreditasi. (Rangga Mangowal/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM-- Balai pengujian kendaraan bermotor atau KIR di Minsel ternyata sudah tidak beroperasi lagi sejak 12 Juli 2019. Hal itu berdasarkan surat SK.3914/A.J402/DRJD 2018 tentang Akreditasi Uji Berkala Kendaraan Bermotor dan A.J.502/21/9/DRJD/2019.

Penutupan tersebut disampaikan Kepala Balai Jerry Tatengkeng akan terus berlangsung sampai Balai Pengujian Kendaraan Bermotor itu terakreditasi Unit Pelaksana Kendaraan Bermotor (UPKB).

"Jadi untuk terakreditasi UPKB, jalan keluarnya hanya dua. Yaitu lakukan perbaikan semua alat yang rusak atau penggantian alat uji. Saya pastikan kalau sudah dilakukan pembenahan ini maka balai ini akan langsung terakreditasi B. Karena untuk semua komponen pendukung sudah memenuhi standart, tinggal mesinnya inibyang butuh perbaikan," ungkapnya saat ditemui di kantor balai, Rabu (14/8).

Dia membeberkan, pihaknya telah mengajukan anggaran perbaikan ke pemkab. Namun sampai saat ini belum ada informasi progresnya.

"Sudah saya datangkan pihak perusahaan yang berkompeten untuk melakukan perbaikan dan telah dikalkulasi anggaran perbaikannya. Jumlah itu yang sudah saya ajukan untuk bisa dianggarkan supaya balai ini bisa beroperasi kembali. Karena jika tidak diperbaiki, Dinas Perhubungan sudah tidak bisa menyumbang PAD lagi," tukasnya sembari mengatakan pihaknya masih melayani terkait pendaftaran atau registrasi kendaraan baru.

Penutupan sementara balai pengujian kendaraan bermotor itu juga akan berimbas bagi kendaraan yang akan melakukan pengujian. Pasalnya, kendaraan khususnya angkutan umum tidak dapat beroperasi jika tidak mendapatkan rekomendasi untuk pengurusan izin trayek.

"Terkait penutupan balai tersebut, kita tetap berpatokan pada rekomendasi Dinas Perhubungan untuk pengurusan Trayek. Karena menurut pihak Dinas Perhubungan, sambil memperbaiki balai itu, tahun ini mereka akan tetap keluarkan rekomendasi untuk izin trayek," tukas Kepala DPMPTSP Minsel Ronald Paath.(rgm/ewa)

Kirim Komentar