14 Agu 2019 08:14

Terbaik se-Indonesia, Perempuan Sulut Perkasa

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Kesetaraan gender di Sulut terbaik di Indonesia. Pria dan perempuan diperlakukan sama berdasarkan hasil survei Indeks Pembangunan Gender (IPG). Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mencatat, 2018 IPG Nyiur Melambai mencapai 94,79 persen (lihat grafis). Mengungguli 33 provinsi lainnya.

 

Kehebatan perempuan Sulut awalnya sudah mendarah daging dalam sosok Pahlawan Indonesia Maria Walanda Maramis, yang dikenal sebagai pejuang dan pahlawan Sulut dalam mengangkat derajat perempuan Indonesia tempo dulu.

Sementara saat ini, sejumlah jabatan politik, pemerintahan hingga pendidikan, juga dikendalikan oleh perempuan-perempuan perkasa. 

Antara lain di daerah ini ada enam kepala daerah berasal dari kaum hawa. Yaitu Vonnie Anneke Panambunan (Bupati Minahasa Utara), Tatong Bara (Wali Kota Kotamobagu), Christiany Eugenia Paruntu (Bupati Minahasa Selatan) Yasti Soepredjo Mokoagouw (Bupati Bolaang Mongondow) Siska Salindeho (Bupati Sitaro) dan Syerli Adelin Sompotan (Wakil Wali Kota Tomohon).

Sementara itu, dalam jabatan karir di Pemerintah Provinsi Sulut, dari 49 Kepala SKPD, 14 diantaranya adalah kaum perempuan; seperti Kepala Biro Kesra dr Devi Tanos, Kepala Dinas Pendidikan Grace Punuh, Kepala Dinas Kesehatan Debie Kalalo, Kepala BKD Femmy Sulut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Jeti Pulu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Mieke Pangkong, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erny Tumundo, Kepala Dinas Perhubungan Lynda Watania.

Lalu ada Kepala Dinas Pangan Sandra Moniaga, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Bahagia Mokoagow, Kepala Badan Pendapatan Daerah Olvie Atteng, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Glady Kawatu, Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Jenny Karouw, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Marly Gumalag.

123
Kirim Komentar