14 Agu 2019 10:10

Lumentut Tak Masuk Kandidat Pimpdeprov

MyPassion
Ivan Lumentut

MANADOPOSTONLINE.COM—9 September nanti, 45 legislator DPRD Provinsi (Deprov) Sulawesi Utara (Sulut) dilantik. Yang cukup menarik disimak adalah siapa penghuni empat pimpinan DPRD. Khususnya utusan Demokrat.

Diketahui kursi terakhir pimdeprov hak partai berlambang mercy ini. Dari informasi resmi, usulan ke DPP sudah dimasukkan. Tapi dari empat yang lolos ke DPRD, hanya tiga nama yang diajukan. Yakni Netty Pantow, Billy Lombok, dan Donald Sampel. Ivan Lumentut tidak dicantumkan.

“Tiga kader ini punya peluang yang sama. Surat usulan sudah disampaikan ke DPP,” beber sumber resmi dari Demokrat. Sayangnya Wakil Sekretaris DPD Demokrat Sulut Billy Lombok enggan banyak bicara soal hal ini. Saat dikonfirmasi kemarin, Lombok menyatakan belum mengetahui jelas perihal surat tersebut. “Belum tahu,” singkatya.

Namun mengenai kriteria pimdeprov, diakuinya sudah dibahas dalam pertemuan beberapa waktu lalu. “Beranjak dari aturan partai. Pertimbangannya mulai dari struktur, loyalitas, pengalaman, dan banyak lagi,” kunci anggota Komisi III DPRD Sulut ini, yang mengaku enggan banyak bicara karena namanya ikut disebut-sebut sebagai calon pimpinan.

Jika Demokrat belum jelas, lain halnya jatah PDIP, Golkar, dan NasDem. Dari kubu PDIP Andrei Angouw paling berpeluang. Selain sudah berpengalaman, posisi Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut yang dipegang Angouw, memungkinkan legislator asal Manado itu kembali duduk di DB 3.

Begitu juga di Golkar. James Arthur Kojongian (JAK) kemungkinan diusung. Adik ipar Ketua DPD I Golkar Sulut itu, saat ini menjabat bendahara. Jika mekanismenya sama dengan PDIP, yakni mengutamakan struktur KSB, JAK bisa duduk di DB 8.

Runner up Partai NasDem mengirimkan sekretaris DPW Victor Mailangkay di DPRD Sulut. Soal pengalaman, Mailangkay sangat mumpuni. Pernah beberapa periode menjabat anggota dewan. Bahkan sempat berada di posisi wakil ketua. Maka DB 7 bisa jadi diserahkan pada legislator dapil Manado itu.(gel)

Berita Terkait
Kirim Komentar