13 Agu 2019 14:51
Tak Indahkan, Imigrasi Siapkan Sanksi

WNA Nginap, Hotel Wajib Lapor

MyPassion
Boyke Panggabean

MANADOPOSTONLINE.COM—Pihak pengelola hotel dan penginapan wajib melaporkan kedatangan tamu Warga Negara Asing (WNA) di Kantor Imigrasi Tahuna. Jika tidak, akan dikenakan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku. 

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Tahuna melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Boyke Panggabean.

Dia menyatakan, hal tersebut diatur dalam pasal 72 UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Bunyinya, pejabat imigrasi yang bertugas dapat meminta keterangan  dari setiap orang yang memberi kesempatan menginap  kepada orang asing. Mengenai data orang asing, pemilik atau pengurus  tempat penginapan wajib memberikan data, mengenai orang asing  yang menginap di tempat  penginapannya. Jika diminta oleh petugas imigrasi yang bertugas.

"Jika ada orang asing datang, pihak pengelola hotel atau penginapan  wajib melaporkan ke pihak Imigrasi melalui Aplikasi Pendaftaran Orang Asing (APOA). Namun jika jaringan tidak bagus, boleh  dikirim lewat WhatsApp Imigrasi dan stakeholder," jelas dia. 

Sementara itu, Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Tahuna Adityo Ari Wibowo menuturkan, jika ada pihak pengelola hotel dan penginapan tidak melaporkan, diberikan teguran persuasif surat resmi. "Namun jika teguran tidak diindahkan dikenakan sanksi lebih tinggi. Yaitu sampai dipidanakan yang merupakan upaya terakhir," ungkapnya.(wan/gel)

Kirim Komentar