13 Agu 2019 22:07
Terkait Laporan Prof Grace, Kasus Naik ke Penyidikan

Polda Sulut Periksa Pejabat Tinggi Unsrat

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Laporan mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsrat Prof Grace Kandou di Polda Sulut terus bergulir.

Teranyar, kasus Laporan Polisi Nomor: LP/319/IV/2018/SULUT/SPKT tanggal 09 April 2018 ini, naik ke level penyidikan. Bahkan, pada 8 dan 9 Agusuts lalu, Reskrimum Polda Sulut memeriksa pejabat tinggi Unsrat terkait kasus ini.

Kuasa Hukum Prof Grace, Yanto Manyira SH menuturkan, pelaporan tersebut merupakan tindak lanjut dianulirnya Prof Grace dari bakal calon Rektor Unsrat periode 2018-2022. Alasannya panitia dan Senat Unsrat menganulir karena adanya Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor: 1132/UN12/SK/2013 tanggal 6 Mei 2013, sanksi pelanggaran akademik 1,5 tahun karena diduga  autoplagiat. SK tersebut ditandatangani oleh mantan rektor saat itu.

“SK tentang autoplagiat tersebut diduga palsu atau hanya sengaja digunakan untuk menganulir Prof Grace. Sebab  jika benar SK sanksi tersebut ada, tidak mungkin SK Guru Besar Prof Grace keluar/terbit terhitung sejak 1 November 2014 atau dikeluarkan oleh Menteri,” jelasnya.

Lanjutnya, menjadi aneh atau kontradiksi juga karena terdapat fakta Prof Grace Kandou diangkat dan dilantik Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat oleh Rektor Prof Dr Ellen Joan Kumaat pada 3 Juni 2015 lalu.

“Terhadap pelantikan tersebut menjadi aneh karena apabila SK sanksi tersebut adalah benar, tidak mungkin Prof Grace dilantik menjadi Dekan FKM saat itu. Karena salah satu syarat menjadi dekan menurut Permendikti Nomor 19 tahun 2017 Pasal 4 huruf (m), yaitu tidak boleh plagiat. Dengan demikian sangat kuat dugaan SK sanksi tersebut dipalsukan,” tukasnya.

Sementara itu, terkait pemeriksaan petinggi Unsrat tersebut, Rektor Unsrat Ellen Kumaat saat dihubungi di nomor 0811433xxx belum memberikan tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo menuturkan, pemeriksaan tersebut tidak ada.(mpo)

Kirim Komentar