13 Agu 2019 14:44

KPU Minsel Plenokan Penetapan Perolehan Kursi

MyPassion
Ketua KPU Rommy Sambuaga didampingi para komisioner KPU saat membacakan hasil pleno penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih.(Rangga/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel akhirnya menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Minsel di Pemilu 2019, Senin (12/8). Dalam rapat pleno yang digelar di Sutan Raja Hotel Amurang tersebut, Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar berkesempatan membuka rangkaian kegiatan.

"Kita sebagai pemerintah kabupaten bersyukur dan berterimakasih kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu telah bekerja maksimal sampai pada penetapan ini. Juga bagi masyarakat Minsel yang telah menggunakan hak pilihnya dan telah memilih calon sesuai hati nurani merka. Kami pemerintah berharap kondisi yang baik seperti ini bisa berjalan terus sampai pada pertarungan-pertarungan politik selanjutnya," ujarnya.

Wongkar turut menekankan serta mengharapkan khusus bagi para calon terpilih di periode baru ini untuk bisa lebih efektif melakukan tugas tanggungjawabnya. "Bagi anggota legislatif yang terpilih ini, laksanakan tiga tugas pokok yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. Dan yang juga tak kalah penting untuk terus memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan aspirasi masyarakat," tukasnya.

Setelahnya, Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga membacakan seluruh hasil pleno penetapan. Mulai dari penetapan jumlah perolehan suara sah hingga penetapan alokasi kursi. "Untuk hasil akumulasi jumlah suara di lima dapil, parpol pemilik suara sah terbanyak yaitu partai Golkar dengan 44.824 suara, disusul PDIP dengan 39.722 suara. Kemudian ada Demokrat dengan 18.624 suara dan Nasdem 16.736," kuncinya.(rgm/ewa)

Berikut Daftar Alokasi 30 kursi bagi parpol di masing-masing dapil :

Jumlah perolehan 7 kursi di Dapil I :
PDIP 3 kursi
Golkar 2 kursi
Nasdem 1 kursi
Demokrat 1 kursi

Jumlah perolehan 7 kursi di Dapil II :
PDIP 2 kursi
Golkar 2 kursi
Nasdem 1 kursi
Perindo 1 kursi
Demokrat 1 kursi

Jumlah perolehan 5 kursi di Dapil III :
PDIP 2 kursi
Golkar 3 kursi

Jumlah perolehan 6 kursi di Dapil IV :
PDIP 2 kursi
Golkar 2 kursi
Nasdem 1 kursi
Demokrat 1 kursi

Jumlah perolehan 5 kursi di Dapil V :
PDIP 1 kursi
Golkar 1 kursi
Nasdem 1 kursi
Perindo 1 kursi
PAN 1 kursi

 

Kirim Komentar