13 Agu 2019 14:28
Tidak Milik Izin Lingkungan

Galian C Masih Beroperasi, DLH Tak Tahu

MyPassion
Sebuah alat berat tampak masih beraktivitas di galian C samping Polsek Ranowulu, pekan lalu.(Andre/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Ternyata galian C di samping Polsek Ranowulu masih beroperasi hingga pekan lalu. Pantauan koran ini masih terlihat alat berat bekerja dan mengangkut galian. Padahal sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bitung Sadat Minabari mengatakat, galian C tersebut telah ditutup.

Minabari ketika dikonfirmasi, Senin (12/8) kemarin, mengatakan, belum tahu galian C tersebut masih beroperasi. Menurutnya, setelah penanggung jawabnya dipanggil wakut lalu, sudah menyatakan untuk berhenti melakukan aktivitas.

“Ada buat surat pernyataan untuk berhenti melakukan aktivitas. Tapi, kalau masih beroperasi kita akan koordiasi dengan SP3 (Satuan Polisi Pamong Praja, Red) untuk ambil tindakan,” katanya.

Dia juga membeberkan, izin lingkungan galian C tersebut tidak ada. “Itu memang tidak ada izin. Karena galian C secara teknis merusak. Tidak izin juga berarti tidak ada pengendalian,” ujarnya.

Lanjutnya, secara teknis, pihaknya kembali akan turun ke lokasi dan membuat panggilan serta berita acara pemeriksaan (BAP).

“Kita akan coba koordinasikan dengan linas dinas. Itu juga berkaitan dengan penyalahgunaan tata ruang, berarti ada kaitan dengan Dinas PUPR,” bebernya.

Minabari juga menjelaskan, semua galian C di Bitung tidak memiliki izin lingkungan. “Ia, tidak ada galian C yang memiliki izin lingkungan,” pungkasnya.(ctr-62/can)

Kirim Komentar