12 Agu 2019 09:55
Pilgub Sulut 2020 Ramai

OD Kans Menteri, SK Banjir Penantang

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pasca Kongres PDI Perjuangan (PDIP), Olly Dondokambey (OD) hampir pasti tak dapat menolak keinginan Presiden Joko Widodo dan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masuk kabinet. Maka konstalasi pemilihan gubernur (pilgub) 2020 diprediksi berubah.

 

Steven Kandouw (SK) yang kemungkinan besar menjadi gubernur, jika OD ditunjuk menteri, kandidat kuat akan diusung PDIP. Untuk bisa unggul, SK harus punya pasangan kuat. Agar PDIP tetap bertakhta. Dari internal muncul Robby Dondokambey atau Royke Roring.

Nama Edwin Silangen pun ikut disebut. Berhembus juga peluang koalisi. Di antaranya Sehan Landjar dari Bolmong Raya, Kandouw-Christiany Paruntu atau koalisi PDIP-Golkar. Di sisi lain, penantang SK di pilgub akan banyak. Jika sebelumnya ragu-ragu karena OD masih maju, sekarang kepercayaan diri mereka pasti muncul.

Di antaranya Stefanus Vreeke Runtu, GS Vicky Lumentut, Vonnie Panambunan, Carlo Tewu, Benny Mamoto, Felly Runtuwene, juga Elly Lasut.

Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar mengatakan, terkait siapa yang akan diusung dalam pilgub para kader dan akar rumput masing percaya pada duet OD-SK.

“Tapi sebagai petugas partai, apapun yang diinstruksikan atau ditugaskan, itu yang dilaksanakan,” kata Wongkar. Lanjutnya, setelah Kongres V ini PDI Perjuangan masih akan melakukan konsolidasi hingga anak ranting. “Setelah itu mulai konsentrasi pada tahapan pilkada,” tandas Wakil Bupati Minsel ini.

Terpisah, pengamat politik dan pemerintahan Dr Welly Waworundeng mengakui jika tanpa OD di pertandingan pilgub 2020, akan lebih banyak kandidat yang muncul. “Karena selama ini sebagai incumbent OD sangat populer. OD jadi figur yang cukup ditakuti kandidat lain,” sebut akademisi Fispol Unsrat ini.

Untuk bisa menang, lanjutnya, PDIP harus benar-benar kerja ekstra. “Namun jikapun OD tak berada di jajaran calon, faktor ketokohan OD sangat besar di PDIP. Jika pasangan SK nanti bisa meraup suara, PDIP pasti unggul,” ujarnya.(***)

Kirim Komentar