12 Agu 2019 09:06

Idul Adha Perkokoh Kerukunan

MyPassion
Salah satu lokasi shalat Idul Adha yang bertempat di Mapolda Sulut, Minggu (11/8). (Wulandari Mamonto/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Umat Muslim di Sulawesi Utara khusyuk mengikuti Shalat Idul Adha, yang jatuh Minggu (11/8) kemarin. Pemerintah Sulawesi Utara, kabupaten/kota hingga pimpinan lembaga hukum ikut berkurban.

Dari pantauan, pelaksanaan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Sulut dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang diwakili Kepala Inspektorat Praseno Hadi menyampaikan, dengan hari raya Idul Adha seluruh umat khususnya umat Muslim agar memperkokoh persatuan dan kerukunan di Manado dan Sulawesi Utara.

Hari Raya Idul Adha yang juga dikenal sebagai hari raya kurban merupakan waktu bagi umat Islam yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Menurut OD, esensi dari ibadah kurban adalah untuk kembali mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih meningkatkan SDM yang lebih hebat.

Gubernur juga menyampaikan, penyerahan hewan kurban kepada umat Islam dapat dimaknai sebagai wujud kepedulian. “Momentum ini hendaknya dapat dimaknai sebagai upaya kita bersama untuk saling mendekatkan diri dalam nuansa kekeluargaan antar sesama, yang hidup dalam keberagaman dan pluralitas,” ungkap OD.

Pimpinan forum koordinasi pemerintah daerah (forkopimda), mulai dari Polda Sulut, Kejaksaan Tinggi Sulut, hingga Kodam XIII/Merdeka juga ikut berkurbab. Dari pantauan, para pejabat utama Polda Sulut ikut sholat Idul Adha di lapangan Mapolda.

Bertindak selaku Imam Sholat H Nasir Bone. Sedangkan Khotib Rifai Bolotio. Sholat yang dimulai tepat pukul 07.00 WITA ini, juga diikuti umat yang tinggal dekat dengan Mapolda.

12
Kirim Komentar