12 Agu 2019 10:09

IPG Sulut Lebih Tinggi Dari Nasional

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM- Indeks Pembangunan Gender (IPG) Sulawesi Utara (Sulut) lebih tinggi dari nasional. Berdasarkan data yang dirilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, 2108 IPG Sulut mencapai 94, 79 persen. (lihat grafis).

Kepala BPS Sulut Ateng Hartono mengatakan IPG menggambarkan kesetaraan gender di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. IPG ini mengukur pencapaian dimensi dan variabel yang sama seperti IPM, tetapi mengungkapkan ketidakadilan pencapaian laki-laki dan perempuan.

“IPG diukur dari tiga dimensi, pertama dari umur panjang dan sehat dengan indikatornya Angka Harapan Hidup pada saat lahir perempuan. Kedua, dimensi pengetahuan yang diukur oleh dua indikator, yaitu harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Ketiga dimensi kehidupan yang layak dihitung berdasarkan indkator perkiraan pendapatan perempuan dibandingkan dengan laki-laki,” ungkapnya

Dia pun menekankan, tingginya IPG, merupakan prestasi yang membanggakan. Dimana salah satu faktor yang mendorong tingginya IPG Sulut diantaranya angka harapan hidup perempuan tahun 2018 yang tergolong tinggi yaitu 73,23 tahun.

“Artinya, bayi-bayi yang dilahirkan tahun tersebut berpeluang harapan hidupnya sampai dengan sekitar usia 73 tahun,” ucapnya.

12
Kirim Komentar