12 Agu 2019 10:33

Dandes Sulut 1,2 T, Ada Masalah Kejaksaan-Kepolisian Langsung Turun

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Alokasi dana desa (dandes) sampai saat ini sudah berjalan selama empat tahun di Sulawesi Utara (Sulut). Alokasi dandes ditegaskan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw pekan lalu, harus benar mensejahterakan rakyat. Dirinya mengatakan, saat ini progres dandes sudah sangat baik. Namun dirinya mengatakan, outcome dari dandes masih perlu lagi kerja keras.

 

"Memang saya meminta semua pendamping lokal desa untuk terus optimal dalam mengawal alokasi dandes. Dari 2015-2018 sudah ada Rp 4 triliun dandes yang masuk Sulut. Dan tahun ini 1,2 triliun dandes yang bakal disalurkan. Memang semua alokasi dandes telah jelas. Ada yang membangun jalan, jembatan serta saran dan prasarana lain. Namun saya ingatkan, agar ada outcome yang jelas dari semua ini," ungkapnya.

 

Kandouw berharap, Rp 1,2 triliun dandes yang bakal disalurkan 2019 ini harus memberikan dampak. Pemanfaatan dandes, menurutnya, jangan hanya dirasa satu atau dua tahun saja. Tetapi harus berkelanjutan. Karena itu, dirinya meminta agar dandes bisa diolah masyarakat untuk terus berputar dan dirasakan sepanjang tahun.

"Output penggunaan Dandes sampai saat ini ada. Dan itu jelas tercatat. Yaasih didominasi infrastruktur. Namun bagaimana outcomenya? Menurut hemat saya, harus lebih baik dari tahun kemarin. Perlu kerja keras. Dandes ini, lebih baik dioleh untuk menjadi Bumdes. Supaya bisa terus berputar di daerah. Kan boleh bikin simpan pinjam dana bagi masyarakat. Ada manfaatnya, jangan hanya melulu infrastruktur. Saya lihat perlu kerja keras," tuturnya.

Kandouw mewarning, alokasi dandes jangan memprioritaskan fasilitas milik hukum tua atau sangadi. Jangan juga, menurutnya, dipaksakan pembangunan dengan alasan kongkalikong.

Tidak boleh, menurut Kandouw, alokasi digunakan untuk kepentingan pribadi. Kandouw menegaskan, bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak mempunyai ranah pemeriksaan di desa. Namun pengawasan dandes dilakukan oleh kejaksaan dan kepolisian.

12
Kirim Komentar