12 Agu 2019 14:38
Belum Capai 20 Persen Dari Total APBD

Anggaran Pendidikan Boltim Tak Sesuai Aturan

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Anggaran pendidikan di Kabupaten Boltim masih belum sesuai amanat Undang-undang. Hal ini ditekankan Kepala Dinas Pendidikan Boltim Yusri Damapolii. Menurutnya selang empat tahun terakhir anggaran pendidikan tidak pernah melewati angka 18 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boltim.

"Padahal, berdasarkan aturan alokasi dana pendidikan harus 20 persen dari total APBD," ungkapnya. Meskipun tak menampik tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 8 miliar. Dari sebelumnya hanya Rp 96,4 miliar 2019 mencapai Rp 104 miliar (lihat grafis). 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Boltim, Oskar Manoppo MM membenarkan hal tersebut. Dia pun menuturkan alasan mengapa empat tahun terakhir pengalokasian anggaran pendidikan belum disesuaikan dengan Undang-undang. Karena Pemkab masih membutuhkan anggaran besar dalam membangun gedung perkantoran.

"Memang belum sesuai. Karena Boltim masih dalam konteks membangun perkantoran. Hai ini sudah menjadi keputusan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," tekannya. Namun, Manoppo memastikan pemberlakuan 20 persen alokasi anggaran pendidikan nantinya akan disesuaikan pada penyusunan anggaran Tahun 2020 mendatang. "Rencananya kita akan sesuaikan pada tahun 2020," tutupnya.(ctr-05/ayu)

Kirim Komentar