09 Agu 2019 09:11

Sulut United Bikin Pemuncak Klasemen Tergusur

MyPassion
Pemain Sulut United Eksel Runtukahu, Fajar Romansyah berjibaku dengan pemain belakang Persik Kediri, di Stadion Klabat Manado, Kamis (8/8) kemarin. (REZA MANGANTAR/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Laga kandang Sulut United melawan pemuncak klasemen Wilayah Timur Persik Kediri berakhir imbang, 2-2, Kamis (8/8) di Stadion Klabat Manado.

Atas hasil ini, Sulut United masih bertengger di papan tengah, peringkat 6, dengan raihan 12 poin. Sementara Persik yang awalnya sempat memuncaki klasemen, terpaksa tergusur ke posisi dua dengan poin 17, di bawah PSIM Jogja yang kini telah mengoleksi 18 poin.

Lanjutan Liga II Indonesia 2019 tersebut, hujan pinalti. Ada 4 pinalti yang diberikan wasit asal DKI Jakarta Zetman Pangaribuan. Namun yang membuahkan hasil hanya 3 gol. 2 gol untuk Sulut United 1 gol untuk tim tamu.

Demi mengejar devisit poin dari tiga laga terakhir, anak asuhan Herry Kiswanto ini berupaya meladeni permainan tim tamu. Sejak pluit kick off dibunyikan, terlihat Sulut United coba memberikan teror. Turun dengan formasi menyerang 4-3-3, Eksel Runtukahu dkk berupaya meredam pasukan Macan Putih (julukan Persik Kediri).

Absennya tiga pilar penting; Adi Parwa, Mahdi Albar dan Gusti Sandria di lini belakang, membuat Herkis memasang duet Dion Mefahmi dan Agus Supriyanto. Sedangkan posisi bek kiri dimaksimalkan peran Sedek Sanaky untuk mengimbangi peran Rizky Syawaludin di kanan.

Barisan tengah masih milik trio Wawan Samma, Herrie Lontoh dan Akbar Eka Putra. Lini depan tetap dipercaya starter saat melakukan away menghadapi Persis Solo, yakni Marthinus Ardhi dan Fajar Romansyah menopang target man Eksel Runtukahu.

Sulut United mendapat peluang di menit keenam, saat sepakan pemain tengah Sulut United mengenai tangan pemain lawan di dalam kotak terlarang. Wasit asal DKI Jakarta Zetman Pangaribuan menunjuk titik putih. Hadiah penalti ini diambil Eksel Runtukahu, sayang sepakannya hanya membentur tiang gawang.

Beberapa menit berselang giliran tim tamu mendapat hadiah penalti usai Dion Mefahmi melanggar pemain depan Persik Kediri, Septian Bagaskara.  Hadiah penalti tidak disia-siakan pemain belakang Dodi Alekvian dan mengubah skor 0-1 di menit 9.

Mengejar ketertinggalan, Wawan Samma cs mencoba lebih tenang. Menit 23 aksi Eksel Runtukahu harus dihentikan dengan pelanggaran di dalam kotak pinalti lawan. Wasit kembali menunjuk titik putih untuk Sulut United. Kali ini yang mengambil Marthinus Ardi. Sepakannya dengan tenang menggetarkan jala Persik Kediri sehingga mengubah papan skor menjadi 1-1 hingga menutup interval pertama.

12
Kirim Komentar