09 Agu 2019 10:31

Ratusan ASN Pensiun, Sitaro Dilanda Krisis Pegawai

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Kepulauan Sitaro, saat ini tengah dilanda krisis pegawai. Dari data lima tahun terakhir, sejak 2015 hingga 2019 ada sekira 194 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bumi Karamando yang pensiun (lihat grafis).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dolly Polimpung melalui Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Cosman R Ambalao menjelaskan jumlah ASN yang pensiun setiap tahunnya terus meningkat. "Kalau dibandingkan sejak 2015 memang tahun ini angka ASN yang pensiun, naik hampir 50%," tuturnya.

"Tentunya selain moratorium yang cukup lama waktu lalu, tingginya angka pensiun, menjadi salah satu penyebab Sitaro dilanda krisis pegawai, khususnya tenaga teknis. Apalagi dalam pengangkatan CPNS 2018 hanya difokuskan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan, sedangkan sebagai kabupaten yang baru, kita juga sangat membutuhkan tenaga teknis, untuk mengisi jabatan di OPD," jelas Ambalao.

Sementara itu Sekretaris BKPSDM Joice Kumaat mengatakan saat ini Sitaro cukup tertolong dengan adanya rekrutmen CPNS. "Kita berharap usulan tenaga teknis yang telah dimasukkan diakomodir. Sebab meski tidak langsung mengatasi krisis pegawai, tenaga teknis yang baru diharapkan akan mampu mengimbangi kekurangan ASN di Sitaro," terangnya.

"Sebab secara angka, meski usulan 690 tenaga teknis diakomodir, tetap tidak mampu menutupi kebutuhan pegawai yang mencapai 1.700 lebih belum ditambah dengan yang pensiun," singkatnya.(cw-05/drp)

Kirim Komentar