09 Agu 2019 10:21

Perikanan Tangkap Mitra Hasilkan 20 Ton Ikan

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Produksi perikanan tangkap di Kabupaten Mitra sangat tinggi. Bahkan dalam kurun lima tahun terakhir produksi perikanan tangkap di Kabupaten Mitra, total mencapai 20.159 ton (lihat grafis). 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mitra Vecky Monigir mengatakan, hasil produksi ini berasal dari beberapa penghasil ikan. Baik dari Kapal Penangkap Ikan Pole and line (PL). Serta berasal dari pajeko dan pelang (perahu kecil nelayan, red). 

"Jadi keseluruhan produksi ikan yang didapat keseluruhannya, sumber penghasil ikan rata-rata mencapai 4.031 ton per tahun," ujarnya, Kamis (8/8).

Menurut Monigir, jumlah produksi tersebut, yang paling banyak berasal dari kapal penangkap ikan PL. Bahkan setiap tahunnya jumlah produksi bisa mencapai 16.316 ton. "Ikan tangkap yang dihasilkan kapal PL yakni cakalang dan tuna," sambungnya. 

Adapun, untuk hasil produksi ikan, biasanya dikirimkan ke pelelangan di Bitung. Namun, juga ada beberapa persen yang dijual Pasar-pasar di Kabupaten Mitra. "Untuk kapal penangkap ikan biasanya langsung dikirim ke pelelangan. Begitu pun dengan hasil dari pelang dan pajeko. Tapi tetap ada yang disalurkan ke pedagang ikan di Kabupaten Mitra," jelasnya. 

Sementara itu Camat Belang Irwan Abdujulu, mengatakan hasil produksi nelayan di wilayahnya, bisa mencapai 10 ton dalam sepekan. Tetapi semua tergantung kondisi cuaca di laut. "Kalau memang dalam cuaca bagus, biasanya Kapal Penangkap Ikan PL bisa memproduksi hingga 10 ton per pekan," katanya. Adapun di Belang sendiri saat ini ada enam unit Kapal Penangkap Ikan PL. Sedangkan jumlah pajeko dan pelang tak bisa didata. Dikarenakan keberadaan yang temporer. "Misalnya untuk hasil dari pelang dan pajeko tergantung musiman. Sedangkan kapal penangkap ikan PL tetap hampir rutin lakukan penangkapan ikan," tandasnya. 

Adapun, pengusaha ikan James Wahongan menyebutkan pembagian kebutuhan produksi ikan dari Pelang dan Pajeko 5 berbanding 2. "Misalnya hasilnya bisa mencapai lima mobil. Untuk yang dijual di Mitra 2 mobil. Sedangkan 3 dikirim ke pelelangan," terangnya.(ely/ewa)

Kirim Komentar