09 Agu 2019 10:23

Menunggak Pajak, Kunci Randis di Sangihe Terancam Ditahan

MyPassion
Cherry Londo

MANADOPOSTONLINE.COM—Di tengah giatnya pemerintah pusat mengajak masyarakat Indonesia membayar pajak kendaraan bermotor, sikap sebaliknya justru ditunjukkan sebagian aparatur sipil negara (ASN). Fakta di lapangan, ternyata ada kendaraan bermotor baik roda dua dan empat berplat merah belum membayar pajak.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Sangihe Cherry Londo. Pihaknya menyayangkan sikap pengguna kendaraan dinas (randis) yang belum membayar pajak. “Saya menyayangkan pengguna kendaraan dinas khususnya mobil yang belum membayar pajak. Karena pajak kan harus dibayar. Kalau pengguna sepeda motor belum membayar pajak sudah keterlaluan. Karena pemerintah sudah memberikan fasilitas untuk membantu kerjanya tetapi kenapa malas membayar pajak,” semburnya.

Londo juga mengatakan ke depan akan ada apel kendaraan. “Kami sudah meminta daftar kendaraan yang belum membayar pajak di Dispenda provinsi. Agar bisa kami data,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan memilah randis per SKPD. Lanjutnya jika dalam apel kendaraan ditemukan ada yang belum membayar pajak maka kunci randis akan ditahan. “Kendaraan tersebut disimpan pada kantor dinas masing-masing dan dikembalikan jika sudah selesai membayar pajak,” tutupnya.

Langkah ini mendapat dukungan Sekkab Edwin Roring. “ASN harus jadi teladan pada masyarakat. Pajak kendaraan wajib dibayar tepat waktu,” tukasnya. Lanjut Roring, ketaatan membayar pajak bukan hanya berlaku pada randis saja. “Kendaraan pribadi juga seperti itu. ASN wajib jadi contoh,” kuncinya.(wan/gel)

Kirim Komentar