09 Agu 2019 10:17

Baru 20 Persen, Program KIA Minsel Belum Maksimal

MyPassion
Ilustrasi KIA.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Program pemerintah pusat terkait penyaluran Kartu Identitas Anak (KIA) belum sepenuhnya terealisasi di Minsel. Pasalnya, dari sekira 60 ribuan anak di Minsel, baru 20 persen yang telah memiliki KIA.

"Untuk penyaluran KIA memang belum maksimal. Dari sekira ada 60 ribuan anak, baru 20 persen yang sudah memiliki KIA," ujar Kadis Dukcapil Minsel Corneles Mononimbar saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/8).

Dia menambahkan, untuk penerima KIA adalah anak usia 1 sampai 16 tahun. KIA juga sangat banyak kegunaan bagi anak yang mau membeli peralatan sekolah.

"KIA banyak kegunaan, selain ada perlindungan hukum bagi anak dengan memiliki identitas. KIA juga memiliki manfaat seperti untuk melakukan pendaftaran tingkat sekolah serta mendapatkan diskon di sejumlah tempat pembelian buku dan peralatan sekolah," tambahnya.

Mononimbar mengatakan pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi terkait pembuatan KIA kepada setiap orangtua yang datang ke Dukcapil. "Namun itu masih kurang efektif dan memang perlu ada kesadaran masyarakat khususnya para orangtua agar bisa membantu mendorong anak-anaknya membuat KIA. Caranya dengan datang ke dukcapil membawa KK maka akan langsung dicetak blangko KIAnya," pungkasnya.(rgm/ewa)

Kirim Komentar