07 Agu 2019 11:09

Guru SDN Dodap Minta Rumah Dinas

MyPassion
SDN Dodap Pantai, di Kabupaten Boltim sementara diperbaiki.(Billy/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sejumlah guru yang bertugas di SDN 1 Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan kesulitan tempat tinggal. Pasalnya, Rumah Dinas Guru (RDG) yang sedianya sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Boltim, menjadi tempat berdirinya bangunan Sekolah TK.

Kepsek SDN 1 Dodap Pantai, Vivi Mantiri SPD mengatakan, awalnya RDG telah disiapkan, bahkan sudah pernah ditempati oleh guru. Namun pada tahun 2010, bangunan RDG telah diganti atau didirikan Sekolah TK oleh pemerintah Desa Dodap Pantai," katanya.

Dia pun menekankan, hal tersebut sudah pernah dibahas dalam Rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Sekkab Boltim. Namun, menurutnya, Pemkab meminta agar pihak sekolah rembuk bersama pemerintah desa agar mengajukan segala permintaan sekokah untuk diakomodir dengan syarat harus disertakan lahan hibah pendirian bangunan. "Ada beberapa kegiatan yang kami akan usulkan, namun kendala ada pada lahan hibah. Kita rencana akan usulkan bangunan RDG, Pagar dan MCK, tapi itu bergantung lahan," terangnya.

Terpisah, Sangadi Dodap Pantai Frangki Manoi mengatakan, sudah ada koordinasi bersama pihak sekolah. Kata dia, jika itu menyangkut kepentingan sekolah, maka pihak pemerintah desa melalui musyawarah desa memutuskan akan menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah tinggal bagi guru. "Lahannya sudah kita siapkan untuk pembangunan 1 unit RDG. Tahun anggaran 2020 sudah bisa dibangun. Sekolah tinggal lakukan pengusulan kembali nanti akan dilampirkan dokumen hibah dari pemerintah desa Dodap Pantai," jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii MM berjanji, jika ada kesiapan lahan yang disiapkan Pemerintah Desa, maka pihaknya akan menganggarkan pembangunan RDG di sekokah tersebut. Kata dia, nantinya usulan akan diakomodir dalam penyusunan RKA tahun 2020.

"Jika ada lahan maka sebaiknya segera usulkan agar bisa diakomodir tahun depan. Memang belum dibangunnya RDG disebabkan tidak adanya lahan yang siap untuk lokasi pembangunan," tukasnya.(*/ayu)

Kirim Komentar