07 Agu 2019 11:04
Gelar Pelatihan Khusus Kelompok dan Perorangan

Dua Ribu Warga Boltim Nganggur

MyPassion
Irwan Kiay Demak

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Boltim merilis, hingga 2017, jumlah warga Boltim yang tidak bekerja sebanyak 2.444 orang. Dari total  39.327 wajib kerja. Kepala Disnakertrans Boltim, Irwan Kiay Demak SH mengatakan untuk menekan angka pengangguran disetiap desa, pihaknya melaksanakan pelatihan khususnya bagi kelompok maupun perorangan yang mengajukan permohonan bantuan.

"Tahun ini ada tiga jenis usaha yang akan kita lakukan pelatihan. Nantinya usai pelatihan dilakukan, jenis bantuan akan langsung diberikan kepada peserta pelatihan," sebutnya.

Terpisah Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja, Disnakertrans Boltim, Wahyuni Lasabuda membenarkan jika angka pengangguran di Boltim masih cukup banyak, tapi relatif sedikit dibandingkan daerah lain. "Bersadarkan data terakhir penduduk usia kerja di Boltim tercatat sekitar 56.511 orang. Untuk angkatan kerja ada 41.771 orang dan bukan angkatan kerja 14.740 orang," bebernya.

Dia pun  menambahkan, untuk tahun ini pendataan masih terus dilakukan. Agar bisa diketahui sejauh mana angka pengangguran berkurang. Dia pun berharap berbagai jenis pelatihan usaha seperti perbengkelan, kursus menjahit yang dilakukan oleh Disnakertrans dapat membuka peluang usaha bagi para pengangguran Boltim. "Esensi dari pelatihan usaha agar para pengangguran bisa berkurang," tutupnya penuh harap.(*/ayu)

Kirim Komentar