06 Agu 2019 12:31

Pemkab Boltim Lestarikan Olahraga Tradisional

MyPassion
Para PNS Boltim sedang mengikuti lomba tarik tambang dalam rangka menyambut HUT RI, di Lapangan Labantong, Togid, kemarin.(Biliy/Manado Post)

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 Pemkab Boltim menggelar lomba olahraga tradisional dan rekreasi.

Wakil Bupati Boltim menyebutkan ada banyak jenis olahraga tradisional yang akan dilakukan. Antara lain, tarik tambang, hadang, bola voli dan bulu tangkis. "Masing-masing kecamatan  di Boltim wajib berpartisipasi dengan mengutus tiga tim pada kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 Agustus nanti," sebut Gumalangit di sela pembukaan acara di Lapangan Labantong Togid, kemarin.

Dia pun menekankan pentingnya olahraga tradisional. Karena saat ini olahraga tradisional mulai punah. "Sadar atau tidak, generasi terdahulu sudah melakukan olahraga tradisional," katanya.

Dia pun mengatakan ada banyak makna yang dapat diperoleh permainan tradisional. Bisa mengasah kerjasama tim dan daya konsentrasi.

"Yang lebih penting banyak dari permainan tradisional yang memberi ruang anak-anak dalam mempererat modal sosialnya seperti pertemanan dan bergotong royong," terangnya.

Gumalangit pun berharap, kedepan olahraga ini akan terus digalakkan dan dapat disejajarkan dengan olahraga prestasi lainnya. "Saya berharap, semua pihak dapat terus melestarikan permainan tradisional ini serta memperkenalkannya kepada anak cucu sehingga mereka tahu bahwa Indonesia memiliki beranekaragam permainan tradisional yang menarik," tutupnya.(*/ayu)

Kirim Komentar