06 Agu 2019 12:11

Pasar Belang Segera Ditertibkan

MyPassion
Gotlieb Mamahit

MANADOPOSTONLINE.COM—Setelah terus menuai sorotan, kondisi pasar Belang yang semrawut bakal segera ditertibkan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Gotlieb Mamahit. "Memang harus diakui kondisinya saat ini sangat semrawut. Makanya kami akan melakukan penertiban bekerja sama dengan sejumlah instansi teknis terkait," ujarnya.

Dasar lain bakal dilakukan penertiban, menyusul inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan. Selanjutnya langsung dibahas langkah penertiban tersebut. "Dari hasil sidak, kami dapati yakni melubernya pedagang sampai memakan badan jalan. Sehingga sering terjadinya kemacetan. Kemudian juga terdapat masalah persampahan yang segera ditindaklanjut," jelas Mamahit.

Untuk itu, Mamahit menegaskan pedagang dilarang berjualan sampai mendekati badan jalan. Sehingga arus lalu lintas tidak terganggu. "Nanti akan berkoordinasi dengan petugas dari Dishub bagaimana pengaturan lalu lintas di sekitar pasar. Sehingga tidak terjadi lagi kemacetan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala DLH Mitra Muchtar Wantasen mengatakan masalah kebersihan pasar menjadi sorotan utama. Dimana diakuinya keberadaan sampah masih berserakan tanpa adanya wadah guna menampung hal ini. "Awalnya memang ada wadah yang disediakan untuk pedagang. Namun diinformasikan, adanya sampah masyarakat yang turut dibuang ke sana menjadi masalah lain. Sebab memang wadah tersebut diperuntukkan bagi sampah pasar," ungkapnya.

Untuk itu, menurut Wantasen, saat ini langsung diambil langkah awal. Sesuai hasil koordinasi dengan pihak pasar bakal diterapkan sejumlah langkah dalam menangani sampah yakni dengan pengadaan wadah pihak kecamatan dan desa. "Langkah pertama kita menyiapkan wadah, bak sampah. Selanjutnya itu akan dikawal pemerintah setempat. Dan tugas DLH seperti biasa menjemput sampah pada hari-hari yang telah ditentukan,” tandasnya.(ely/ewa)

Kirim Komentar