06 Agu 2019 08:30

Ini Info Penting Pelamar CPNS dan P3K!!

MyPassion
Ilustrasi

“Tugas kita itu hanya mengirimkan kebutuhan. Soal penetapan, itu ada di pusat. Nanti pusat yang akan menetapkan dan kembali mengirimkan ke kita, berapa banyak kuota bagi Pemprov Sulut. Kita juga belum menerima informasi, kapan pelaksanaan ini dilakukan. Karena semua berproses di pusat. Jika sudah ada instruksi, maka kita akan melaksanakan. Karena semua sistem dan sarana prasarana sudah siap untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK," ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado, sampai saat ini belum ada informasi lanjutan terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS dan P3K. Menurutnya, sampai saat ini informasi yang pihaknya terima pelaksanaan CPNS akan dibuat pada Oktober.

"Sampai saat ini kita belum menerima informasi lanjutan terkait pelaksanaan CPNS dan P3K. Namun dari forum-forum diskusi yang kita lakukan, jadwal pelaksanaan masih sama pada Oktober nanti. Yang saat ini kita ketahui dan berdasarkan koordinasi dengan pusat, daerah-daerah sudah merampungkan usulan formasi. Dan wilayah kerja Sulut juga sudah sejak lama menyampaikan usulan," ungkapnya.

Wakiran memprediksi, pelaksanaan CPNS dan P3K akan mengambil momentum waktu yang berdekatan. Karena menurutnya, mempersiapkan seleksi CPNS dan P3K membutuhkan waktu yang lama.

Sehingga, jika pelaksanaan dibuat berdekatan, maka akan menghemat waktu. Karena menurutnya, di Sulut sendiri, sistem serta sarana dan prasarana untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS dan P3K sudah siap.

"Ya menurut saya, pelaksanaan ini akan dibuat berdekatan. Entah P3K lebih dahulu atau CPNS dahulu, yang pasti akan mengambil waktu yang berdekatan. Karena mempertimbangkan waktu dan anggaran pelaksanaan. Banyak anggaran yang dibutuhkan dalam mempersiapkan rekrutmen ini. Jadi kalau dibuat berdekatan, akan lebih menghemat waktu dan anggaran. Karena sistem dan sarana serta prasarana untuk pelaksanaan sudah siap di daerah," tandasnya.

Untuk mempersiapkan pendaftaran CPNS 2019, sejumlah informasi seleksi ASN tahun 2018 bisa menjadi pedoman. Proses seleksi CPNS 2018 dilakukan secara terintegrasi. Proses pendaftaran seleksi CPNS 2018 terpusat di situs http://sscn.bkn.go.id yang dipersiapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Seleksi CPNS 2018 tidak lagi melalui laman milik instansi pusat maupun daerah pembuka formasi. Seluruh proses ujian dalam seleksi CPNS 2018 juga hanya akan berlangsung dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN.(ewa/gnr)

123
Kirim Komentar