06 Agu 2019 08:30

Ini Info Penting Pelamar CPNS dan P3K!!

MyPassion
Ilustrasi

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana juga memprediksi peserta seleksi akan mencapai 5,5 juta. Sebelumnya, formasi CPNS 2018 Provinsi Papua diberikan sebanyak 12.831 dan Provinsi Papua Barat sejumlah 6.208. Sementara untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap Pertama sejumlah 51.293 peserta melampaui passing grade.

Formasi P3K Tahap Pertama ini dibuka khusus bagi tenaga honorer dengan jabatan Guru, Tenaga Kesehatan, Dosen dan Tenaga Kependidikan PTN baru, serta Penyuluh Pertanian. Pelaksanaan ASN 2019 terbagi menjadi 2 jenis ujian yaitu ujian instansi pusat dan daerah.

Sedangkan saat ini station CAT BKN dan CAT instansi daerah yang sudah tersedia berjumlah 108 titik. Lokasinya terdiri dari station CAT berjumlah 31 titik lokasi dan instansi daerah 77 titik lokasi dengan jumlah 7.532 PC.

Menurutnya, terdapat perubahan pada metode pendaftaran dan saat mengikuti ujian seleksi. "Hanya teknologinya [berubah], mungkin yang tadi saya sampaikan akan membuat mempermudah persyaratan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Utara (Sulut) Femmy Suluh mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, sudah tuntas dalam mengirimkan kebutuhan untuk rekrutmen CPNS dan P3K. Menurutnya, jumlah kebutuhan tersebut berdasarkan hasil kajian atas kebutuhan pegawai di daerah.

"Untuk CPNS kita mengirimkan 3.939 usulan kebutuhan. Ya itu terdiri dari guru dan tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya. Namun yang menjadi prioritas dengan jumlah kebutuhan yang banyak ada pada formasi guru sekitar 3.300 tenaga. Dan untuk P3K jumlah kebutuhan yang kita kirim ada sebanyak 3.191, itu juga terbagi dalam tenaga pendidik dan tenaga kesehatan," ungkapnya.

Suluh mengatakan, jumlah tersebut akan kembali lagi dikaji pemerintah pusat. Dan setelah itu, akan ada penetapan kuota dan formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK tahap II. Dirinya belum bisa memastikan, kira-kira berapa banyak kuota yang akan diberikan. Karena, menurut Suluh, tugas Pemprov Sulut hanya sebatas mengirimkan kebutuhan tenaga pegawai di daerah.

123
Kirim Komentar