06 Agu 2019 12:19

Cabai Rawit di SItaro Makin Pedas

MyPassion
Ilustrasi cabai.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Cabai Rawit makin pedas di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Seperti yang terpantau di Pasar Ondong, Kecamatan Siau Barat dan Pasar Ampera Ulu, Kecamatan Siau Timur, Senin (5/8).

Terpantau didua pasar tradisional, harga cabai rawit semakin pedas, semenjak cuaca buruk. Menurut Pedagang Pasar Ravi Paparang mengatakan, saat ini harga cabai rawit. Dari harga awal Rp 55 ribu/kg, sekarang naik menjadi Rp 80 ribu/kg.  "Rica itu naik mulai awal Agustus. Kalau bulan Juli lalu harga rica yakni Rp 55 ribu," katanya kemarin.

Menurut Paparang, berbeda dengan tomat dan bawang merah serta bawang putih, harganya stabil tidak ada kenaikan. "Kalau tomat Rp 10 ribu/kg. Sedangkan bawang merah dan bawang putih Rp 40 ribu/kg," ungkapnya sembari melayani pembeli.

Sementara itu Rein Mocodompis, warga Dame mengatakan, meski harga cabai naik drastis, namun itu sudah biasa di Sitaro. "Sebab ketergantungan cabai dari luar daerah, tentu memberikan pengaruh besar dalam kenaikannya. Sebab saat cuaca baik pun tak menjamin tidak ada kenaikan harga cabai rawit," jelasnya.

"Mungkin memang dari Manado ricanya mahal, makanya disini pun begitu. Kalau pun memang pengaruh cuaca, pasti Tomat dan rempah-rempah lainnya pun naik harga. Tapi ini hanya Rica," pungkasnya.(cw-05/drp)

Kirim Komentar