06 Agu 2019 09:11

Awas!!Keluarkan Lava Panas, Karangetang Siaga III

MyPassion

Erupsi Karangetang Tahun 2019:

1. 3 Februari erupsi awal Karangetang dari kawah dua, yang membuat warga Kampung Batu Bulan dievakuasi selama 24 hari karena lelehan lava yang mengancam sekitaran zona merah.

2. 10 April sejumlah warga Batu Bulan dipulangkan.

3. 15 April Karangetang kembali erupsi di kawah utama, namun belum mengeluarkan lava dengan jumlah yang banyak

4. 17 Juli Karangetang kembali erupsi hingga hari ini masih fluktuatif, di kedua kawah dengan luncuran lava yang masih berjarak 1,2 KM dari pemukiman.

*Sumber: Diolah

Letusan 2010

Gunung Karangetang pada 4 Agustus sekitar pukul 00.15 WITA meletus. Masyarakat melakukan evakuasi untuk menghindari letusan susulan. Akibat letusan sedikitnya 4 orang dinyatakan hilang. Akses transportasi ke lokasi bencana lumpuh setelah jembatan ambruk oleh endapan lahar panas. Beberapa jembatan rusak parah.

Letusan 2011

Sejak ditetapkan berstatus Awas pada Jumat 18 Maret 2011, aktivitas Gunung Karangetang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, tetap tinggi. Gunung mengeluarkan api dan awan panas. Sementara, awan panas Karangetang mengarah ke Barat, ke arah tiga kampung yakni Kampung Kinali, Mini dan Winangun. Awan panas dan guguran lava diketahui merusak satu jembatan dan rumah warga.

123
Kirim Komentar