06 Agu 2019 09:11

Awas!!Keluarkan Lava Panas, Karangetang Siaga III

MyPassion

"Selain itu bagi yang bermukim disekitar gunung, dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu. Dan yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Karangetang juga harus meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai," kuncinya.

Sementara itu penjelasan dari pengamat Gapi karangetang Supryati Dwi Andreastuti (Ketua Tim Tanggap Darurat PVMBG, bahwa Aktivitas Gunung saat dikonfirmasi masih tetap aktif dan sejak tadi malam tertangkap rekaman lewat alat Seismometer terjadi gempa  tektonik dengan skala kekuatan kecil secara berulang kali.

"Dan diimbau kepada warga untuk tidak mempercayai isu-isu berita terkait aktivitas gapi karangetang yg sumber beritanya bukan dari petugas PGA, Dinas BPBD Kab Kepl Sitaro dan petugas Tni-Polri, serta media yang terkonfirmasi" pungkasnya.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten, mengatakan sampai sejauh ini, belum ada masyarakat yang tinggal di jalur lelehan lava diungsingkan atau dievakuasi.

"Semua masih di kediaman masing-masing, namun terus waspada," singkatnya, sembari mengatakan lebih baik esok ke kantor agar lebih detail lagi datanya, karena saat ini dirinya sedang berada di kapal.(cw-05/don/gnr)

123
Kirim Komentar